Batik

Macam-macam Motif Baju Batik

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keanekaragaman budayanya baik rumah adat, tarian khas, alat musik dan juga karya seni. Salah satu karya seni yang menjadi ciri khas dari negara Indonesia adalah kain dan baju batik. Batik merupakan seni melukis di atas kain yang digambar pola dengan menggunakan bahan utama yakni lilin atau malam.

Batik sendiri telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai salah satu warisan budaya kemanusiaan. Saat ini banyak  pameran fashion yang mengusung tema baju batik sebagai trend-trend fashion yang dirancang oleh para designer dengan berbagai macam motif karena memang motif batik di Indonesia sangat banyak. Berikut beberapa macam-macam motif baju batik :

1. Motif Tambal

Arti dari motif ini adalah menambal atau memperbaiki sesuatu. Zaman dahulu batik motif ini dipecaya dapat menyembuhkan orang yang sakit dengan cara menyelimutinya menggunakan batik tambal ini.

2. Batik Sido Luhur

Batik jenis ini umumnya digunakan oleh pengantin wanita pada waktu malam pengantin. Makna dari motif ini adalah agar orang yang memakainya dapat mencapai kedudukan yang tinggi sehingga menjadi panutan bagi masyarakat.

3. Motif Parang Rusak

Hal yang digambarkan dari motif parang rusak ini adalah perjuangan manusia untuk melawan kejahatan. Perjuangan yang dilakukan meliputi mengendalikan diri dengan hal-hal yang buruk sehingga dapat menjadi manusia yang mulia dan bijaksama.

4. Motif Cuwiri

Cuwiri ini mempunyai motif kecil-kecil dengan ragam hias meru dan juga gurda. Pembuatannya menggunakan pewarna soga alami. Biasanya motif ini digunakan untuk kembenan pada acara mitoni atau 7 bulanan orang hamil.

5. Motif Keraton

Batik keraton merupakan cikal bakal dari semua batik yang ada di Indonesia. Awalnya batik ini dibuat oleh ahli batik dan juga putri keraton saja dan sangatlah ekslusif. Namun lama kelamaan batik ini dapat dipakai oleh siapa saja.

6. Motif Semen

Motif ini biasanya digunakan pada acara-acara yang umum. Motif ini berbeda dengan motif lain yang hanya bisa digunakan untuk acara-acara khusus. Motif batik semen ini terinspirasi dari keadaan alam dan juga lingkungan. Terbukti dengan pola yang dibuat yakni seperti gunung daun dan lainnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*