Diet

Manfaat Diet Atkins

Beragam jenis diet dengan janji mampu menurunkan berat badan secara cepat, sebaiknya tidak serta merta diikuti. Anda disarankan untuk mempertimbangkan terlebih dahulu kemungkinan manfaat dan risikonya, termasuk diet Atkins.

Diet Atkins diperkenalkan oleh seorang dokter spesialis jantung bernama Robert Atkins pada tahun 1972. Diet ini berupaya mengendalikan asupan karbohidrat, dan mengonsumsi lebih banyak protein serta lemak sebagai gantinya. Hanya saja, efektivitas diet Atkins untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan masih belum didukung hasil penelitian yang kuat.

Manfaat Diet Atkins

Untuk memperoleh energi, tubuh membakar lemak dan karbohidrat. Diet Atkins menganggap, mengurangi karbohidrat akan membuat proses pembakaran lemak lebih efektif.  Sebab, tubuh kemudian akan mengutamakan pembakaran lemak sebagai sumber energi. Ini yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Sebagaimana upaya penurunan berat badan, diet Atkins juga berpeluang memperbaiki kadar kolesterol dan gula darah. Sebuah studi menunjukkan, diet Atkins dapat memperbaiki kadar trigliserida dalam darah, meski tidak diketahui berapa lama efek ini akan bertahan. Diet ini juga dianggap dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, dan penyakit jantung.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*