Kesehatan

Menenal Penyakit dan gejala jantung koroner Lebih Dekat

Image result for jantung koroner

Penyebab paling umum dari serangan jantung. Penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri koroner Anda menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung. Ini adalah penyebab utama serangan jantung Penyakit jantung koroner dikaitkan dengan usia dan merupakan kondisi seumur hidup yang mempengaruhi banyak orang.Arteri koroner seperti pipa kecil yang memasok darah ke jantung Anda. Mereka menjadi lebih sempit ketika bahan berlemak secara bertahap menumpuk di dalam dan menyumbatnya.

Bahan berlemak itu disebut plak. Proses pembentukan plak disebut aterosklerosis. Ini bisa dimulai ketika Anda masih muda dan mungkin sudah lanjut usia setengah baya.Plak yang stabil umumnya tidak berbahaya tetapi jika terlalu menyempit arteri, mereka kadang-kadang tidak memberikan cukup darah ke jantung Anda. Efek pertama dari ini adalah rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebut angina. Angina perlu dirawat. Baca lebih lanjut tentang anginaPlak yang tidak stabil memiliki lebih banyak lemak, topi tipis dan meradang. Ini mungkin tidak mempersempit arteri, tetapi dapat menyebabkan retakan pada permukaan, memperlihatkan isi plak pada darah. Sel darah mencoba menutup celah di permukaan dengan bekuan darah. Darah menggumpal sebagian atau seluruhnya menyumbat arteri.

 Serangan jantung terjadi ketika gumpalan darah benar-benar menghalangi aliran darah dan secara serius mengurangi aliran darah ke otot jantung. Baca lebih lanjut tentang serangan jantungJika Anda pernah mengalami serangan jantung, Anda memiliki penyakit jantung koroner.Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung koroner. Ketahui risikonyaPenyakit jantung koroner kadang-kadang disebut sebagai PJK.

Gejala

Banyak orang tidak tahu mereka memiliki penyakit jantung sampai mereka mengalami nyeri dada (angina atau serangan jantung). Jika Anda khawatir tentang risiko penyakit jantung, temui dokter atau praktisi kesehatan untuk membahas risiko Anda.

Diagnosa

Dokter Anda akan melakukan beberapa tes untuk memeriksa kesehatan jantung Anda. Mereka mungkin termasuk:

  • elektrokardiogram (EKG)
  • angiogram koroner atau angiogram computer computed tomography (CCTA)
  • echocardiogram (USG jantung)
  • tes darah
  • studi perfusi miokard.
  • Baca lebih lanjut tentang tes medis

Pengobatan

Tidak ada obat untuk penyakit jantung koroner. Tetapi ada perawatan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda menghindari serangan jantung.

Perubahan gaya hidup

Anda mungkin perlu melakukan beberapa perubahan untuk menghentikan penyakit jantung Anda semakin buruk. Baca lebih lanjut tentang menjaga diri sendiri. Mintalah saran dokter atau praktisi kesehatan Anda.

Obat-obatan

Dokter Anda akan meresepkan obat-obatan untuk mengobati penyakit jantung koroner dan faktor risiko serangan jantung, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Sangat penting untuk meminum obat-obatan Anda sesuai resep, karena mereka dapat sangat mengurangi risiko serangan jantung. Anda mungkin perlu minum obat untuk jangka panjang. Baca lebih lanjut tentang obat-obatan.

Faktor risiko serangan jantung

Mengetahui risiko Anda adalah langkah pertama untuk menghindari serangan jantung atau stroke. Tidak ada satu penyebab penyakit jantung, tetapi ada faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda untuk terkena penyakit jantung. Anda mungkin tidak tahu Anda memiliki beberapa faktor risiko ini. Cara terbaik untuk mengetahui risiko Anda secara keseluruhan adalah menemui dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan jantung. Risiko yang tidak bisa Anda ubah

Ada beberapa risiko yang tidak bisa Anda lakukan:

Umur: Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit jantung Anda meningkat.

Gender: Pria berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Risiko wanita tumbuh dan mungkin sama dengan pria setelah menopause.

Latar belakang etnis: Orang-orang dari beberapa asal-usul seperti orang Aborigin dan Torres Strait Islander, atau orang-orang dari anak benua India, memiliki risiko lebih tinggi.

Riwayat keluarga: Jika seseorang dalam keluarga Anda mengalami serangan jantung, bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko Anda.

sumber :

https://www.heartfoundation.org.au

sumber gambar

https://www.halodoc.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*