Kesehatan

Mengenali Penyebab Mata Rabun pada Seseorang

Sehat.online kembali lagi dengan membahas tentang masalah penglihatan. Apabila mata Anda buram pada malam hari sehingga perlu menyipitkan mata agar lebih jelas, berarti mengalami rabun jauh. Kondisi ini akan semakin parah apabila tidak segera Anda alami. Nah, pembahasan kali ini kami memberikan penjelasan tentang penyebabnya.

Rabun jauh dapat disebut miopi yang merupakan kondisi mata tidak mampu melihat benda jarak jauh. Namun, objek akan tampak sangat jelas ketika berada di jarak dekat. Tingkat keparahan rabun jauh beragam dan berbeda-beda pada setiap orang. Pada umumnya pengindap dengan rabuh jauh ringan tidak membutuhkan penanganan khusus.

Mata minus atau rabun jauh bisa saja dimulai sejak usia remaja dan rentan kepada seseorang yang memiliki riwayat keturunan sama dari orang tua. Inilah beberapa gejala yang ditimbulkan ketika seseorang mengidap rabun jauh.

  • Mata terasa pegal atau kepala terasa sakit karena mata bekerja berlebihan.
  • Penglihatan terasa buram saat melihat benda pada jarak jauh.
  • Menyipitkan satu mata supaya objek yang dilihat bisa lebih jelas.
  • Sulit melihat ketika berkendara, khususnya malam hari.
  • Pengindap tidak akan menyadari atau mengenali objek/seseorang yang jauh jaraknya.
  • Mengedipkan mata berlebihan bisa menjadi tanda.
  • Terlalu sering mengosong mata karena objek yang dilihat tampak samar.

Kondisi mata buram ini bisa dikarenakan bola mata terlalu panjang atau mempunyai korena yang melengkung dan terlalu curam. Artinya, fokus tidak ada di retina dan cahaya yang masuk ke mata fokus di depan retina. Kondisi seperti ini akan berdampak pada objek yang dilihat tampak buram.

Tidak hanya itu, mata rabun bisa dikarenakan oleh beberapa macam gangguan endokrin, keturunan, kurang vitamin, maupun alegri. Mata rambuh bisa disebabkan oleh bertambahnya usia karena ukuran rongga bola mata bisa memanjang. Bola mata nantinya akan menyesuaikan untuk memanjang sehingga fokus cahaya ada di depan retina, dan bukan di permukaan retina.

Begitu saja informasi tentang penyebab mata rabun yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ingin menemukan berbagai informasi tentang kesehatan bisa mengunjungi sehat.online.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*